Perbedaan Scottish Straight & Scottish Fold yang perlu diketahui :)

 

kucing di Mardiandra Cattery

Scottish Straight dan Scottish Fold adalah kucing yang memiliki karakter yang menyenangkan dan sangat bersahabat. Mereka mudah beradaptasi dan mudah bergaul di lingkungan baru, ntah dengan hewan jenis lain seperti anjing, kucing lain, dan juga anak kecil. Untuk asalnya pasti sudah mudah ketebak dong ya dari mana kucing imut ini berasal, yap benar mereka berasal dari Skotlandia. Jika kita cari di google sudah cukup detail tentang asal usul mereka ini, yaitu dari kucing putih bernama Susie adalah Scottish Fold pertama yang dikenal di dunia. Kucing ini menarik perhatian karena kondisi telinganya yang terlipat, beda dengan kucing-kucing lainnya. Si Susie ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani di kawasan pertanian di Perthshire Skotlandia. Saat itu, dia dalam kondisi hamil dan melahirkan di rumah petani tersebut. 
Anak-anak kucing itu punya karakteristik yang sama dengan Susie, yaitu telinga yang terlipat. William Ross dan istrinya Rose yang kebetulan bertetangga dengan petani tersebut memutuskan buat mengadopsi salah satu anak kucing si Susie. Kebetulan, mereka berdua adalah pencinta kucing yang jatuh cinta dengan kucing yang unik ini. Dia bekerjasama dengan ahli genetik buat mengembangbiakkan kucing ras telinga lipat ini. 
Tapi, saat itu federasi GCCF menganggap genetik yang diturunkan kucing ras telinga lipat ini belum stabil. Hingga akhirnya mereka memutuskan buat menghapuskan ras kucing ini dari daftarnya. Sampai suatu ketika, kucing telinga lipat ini diboyong ke Amerika Serikat dan dikawinkan dengan ras American Shorthair dan British Shorthair. Hasil persilangan itu menunjukkan keturunan gen yang mulai stabil. Buat saat ini, ras Scottish Fold baru diakui oleh CFA (Cat Fanciers’ Association) dan TICA (The International Cat Association).
Mardiandra Cattery - Breeder Scottish (2016)

Scottish Fold sebenarnya terbagi jadi 2 jenis, yaitu jenis kuping terlipat dan jenis kuping yang lurus. Semua anak kucing ini terlahir dengan kuping lurus. Baru deh setelah mereka menginjak usia 4 minggu, kuping mereka mulai terlipat. Tapi, nggak semua kucing bakal mengalami perkembangan ini. Di satu kelompok, bisa jadi ada beberapa kucing yang tetap punya telinga yang berdiri tegak seperti kucing-kucing pada umumnya. K
eunikan fisik kucing ini berasal dari mutasi genetik yang nggak lengkap tapi dominan. Pernyataan ini dilansir dari The International Cat Association. Jadi, sebenarnya telinga kucing yang terlipat ini dihasilkan oleh kelainan genetik yang bermutasi. 
Kucing Scottish Fold Nggak Boleh Dikawinkan dengan Saudara SedarahIni alasan kenapa Scottish Fold nggak boleh dipacakkan oleh sembarang orang. Soalnya, masih banyak orang yang belum aware kalau perkawinan sedarah bisa mengakibatkan cacat genetik. Makanya, Scottish Fold benar-benar dilarang keras buat dikawinkan dengan saudara sedarah atau orangtuanya. Buat saat ini, pemacakan yang terbukti sukses hanyalah dengan American Shorthair atau British Shorthair. 
Hati-hati Saat Menggendong Mereka. Penampilan Scottish Fold yang menggemaskan memang bikin kamu ingin menguyel-uyelnya. Tapi, hati-hati saat menggendongnya ya. Soalnya, kucing Scottish Fold punya ekor yang terkadang kaku dan bikin dia merasa kesakitan saat disentuh.

Kucing Scottish Fold sering banget dijadikan sebagai bahan meme. Soalnya, kucing ini memang sering banget berpose yang aneh-aneh dan lucu. Salah satunya, kucing ini bisa duduk tegak di kursi layaknya manusia. Ada kalanya, mereka juga berdiri tegak seperti manusia saat mendengar suara yang bikin penasaran. Tingkahnya ini memang menggemaskan banget. So, ada yang tertarik menjadikan kucing lucu ini salah satu hewan peliharaanmu?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.