British Shorthair / Kucing British Bulu Pendek

Kuma - Britih Shorthair "Golden Shaded" - Mardiandra Cattery

British Shorthair Golden Shaded - Pedigree TICA - Mardiandra Cattery

Sam Bear - British Shorthair Black Solid - Mardiandra Cattery

Sam Bear - BSH - Black Colour


  Sudah pada tahu kan tentang si Kucing British? Yap, sesuai namanya kucing ini memang berasal dari Inggris Raya. Kucing British ini sebenarnya memiliki 2 jenis kategori loh, bulu panjang (longhair) dan bulu pendek (shorthair). Namun, untuk di keluarga kami Mardiandra Cattery kami fokus breeding di British Shorthair/ BSH saja dengan alasan si bulu pendek ini tidak begitu susah perawatannya. 
    
    Secara umum kucing British masuk dalam ukuran medium dengan berat jantan rata-rata 4,1 - 7,7 kg dan betina 3,2 - 5,4 kg. Bentuk badannya kompak, padat, chubby, kuat dan berotot dengan dada, bahu serta pinggul yang lebar. Kepalanya bulat dan lebar dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung pendek, lebar dan lurus tanpa lekukan, bentuk dagunya bulat. Ukuran telinga sedang dan lebar pada bagian bawah dengan ujung melengkung. Jarak antara kedua telinga sedang. Mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan warna bulu yaitu copper, gold, blue, green atau odd eyes. Kakinya pendek dengan tulang yang kuat serta berotot dan jari-jarinya bulat. Panjang ekor lebih kurang 2/3 panjang tubuh, tebal pada bagian pangkal dan menipis pada ujungnya. Bulunya pendek, padat dan tebal.

       

  Varian warna yang paling populer adalah warna biru abu-abu (blue). Hal ini membuat masyarakat awam beranggapan bahwa kucing berwanar abu-abu (blue) adalah kucing British :) . Padahal kucing BSH/BLH ini memiliki warna dan corak bervariasi, diantaranya hitam, putih, merah (red), cream, silver shade, golden shade, cinnamon, pola colourpoint, tabby, atau bicolour.

     Mardiandra Cattery adalah salah satu cattery yang tergabung dalam organisasi TICA (The International Cat Association). Di TICA, kucing British ini diizinkan untuk disilangkan dengan Scottish Fold serta di The International Cat Association juga menerima warna coklat serta Lilac (hampir semua varian warna di TICA di akui). BSH memiliki beberapa bentuk pola tabby juga seperti tabby klasik, mackerel, spotter dan ticked, untuk pola non tabby tortoiseshell, bicolour, van bicolour white, smoke, dan colourpointed. 

       Oh ya, tekstur dari bulu kucing British Shorthair seperti karpet ya. Lembut, crunchy/renyah dan walaupun termasuk kucing berbulu pendek namun jangan salah bulu yang dimiliki oleh BSH termasuk tebal. Jadi, dipastikan saat memandikannya harus benar-benar kering ya agar tidak tumbuh jamur. Mereka tergolong sebagai kucing yang sangat kalem sepanjang umurnya. Tentu saja, ketika kecil mereka sering aktif bermain. Namun ketika makin dewasa, British Shorthair relatif tidak begitu aktif dan makin mager untuk bermain.

        Kucing British merupakan kucing dengan tempramen yang kalem dan senang bersosialisasi, toleran terhadap hewan lain. Kucing ini juga sangat direkomendasikan untuk menjadi hewan peliharaanmu dan bersaing ketat dalam deretan hewan peliharaan favorite selain British ada juga Scottish. Nah yang penasaran seperti apa sih kucing Scottish yang dimiliki oleh Mardiandra Cattery. Di next tulisan akan membahas tuntas tentang kucing jenis Scottish :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.